Mencari dan membuka file lewat Command Prompt

12.14.00
Apakah kalian pernah lupa lokasi kalian menyimpan file atau folder untuk sebuah projek ? atau kalian hanya ingat sebagian nama dari file tersebut ? jika iya, selain menggunakan Windows Explorer kalian juga bisa menggunakan Command Prompt yang bisa lebih cepat membantu mencai file yang kalian butuhkan dan dapat membuka file tersebut langsung dari lokasinya.

Meskipun cara ini cukup membuang waktu untuk mencari satu file yang tidak terlalu penting, namun cara ini sangat saga rekomendasikan ketika kalian ingin mencari cukup banyak file yang tersebar di folder yang acak.

Membuka Command Prompt

untuk mencari file yang kalian inginkan, pertama jalankan dulu Command Prompt. Ada beberapa cara untuk melakukannya.
  • Ketik CMD pada kotak Windows Search, kemudian klik pada icon yang muncul dan pilih Run as Adminsitrator.
    klik gambar untuk memperbesar
  • Menggunakan Run windows. Cara cepat untuk membukanya adalah dengan tombol Win + R pada keyboard kalian, lalu ketik CMD dan tekan enter atau ok.

Cari File Kalian

pada Command Prompt, ketik dir "*cari*" /s tapi ganti kata "cari" dengan teks yang ingin kalian cari dengan menggunakan nama file. Saga akan mencoba dengan menggunakan kata "movies".

Folder yang benar dapat dengan mudah di identifikasi oleh ukuran dari folder. Ketika kalian sudah selesai mengetik perintah, tekan Enter, dan pencarian akan dimulai. Mungkin akan terlihat tidak terjadi apapun selama beberapa detik. Tapi dengan segera semua folder dan file yang di mention di pencarian akan di identifikasi.

command tersebut mempunyai arti apa aja ?

  • dir adalah command yang digunakan untuk menunjukan file pada directory saat ini tetapi juga dapat mencari data dimana saja pada sistem
  • Backslash \ (mata uang yen dalam gambar karena lokal pc saga pakai jepang) memberitahukan dir untuk mencari dari root directory pada drive saat ini
  • \s memberitahukan dir untuk mencari disemua subdirectories
  • Dan terakhir asterisk * digunakan oleh command-line sebagai wildcard. yang mana mengindikasikan pencarian akan mencari semua nama file yang terkata yang kita cari. Meletakan asterisk pada akhir kata, seperti movies*, akan mencari semua file yang mengandung kata movies pada awalan namanya. Dan jika kalian meletakannya diawal maka hanya akan mencari akhiran yang sesuai dengan perintah. contohnya *.jpg. dan jika kalian meletakan kalimat diantara asterisk maka tidak peduli namanya apa jika mengandung kata di perintah maka sebagai hasilnya semua file akan dilist.

Mengubah Command Prompt directories untuk mengakuratkan lokasi file

Jika lokasi target file kalian berada di D drive, maka kalian tidak akan menemukannya di windows drive C. Maka dari itu, kalian harus bisa mengubah drive path nya seperti dibawah ini dengan langsung mengetikan drive mana yang kalian tuju, misalnya punya saga adalah drive e.
Pada drive tujuan, klaina dapat menggunakan perintah pada section sebelumnya dir "kata*" /s perhatikan juga asterisk yang kalian gunakan, karena biasanya akan terjadi kesalahan karena penggunakan asterisk dan backslash yang mana kana menghasilkan return "no label" error. Jika kalian mengetiknya dengan benar maka folder path dan nama file yang benar akan bisa di identifikasi.

Jika folder path cukup panjang, kalian dapat melakukan copy-paste dengan cara tekan CTRL + A lalu pilih kata pada command prompt dengan cara membloknya lalu CTRL+C lalu paste dimana saja yang kalian inginkan.

Membuka file dengan Command Prompt

Ketika kalian sudah menemukan file yang ingin kalian buka, kalian dapat membukanya dari command prompt menggunakan default program, tanpa harus mencarinya dengan file explorer.

Pertama, ubah directory ke lokasi folder file berada. Hal ini dapat dilakukan dengan cd dan diikuti oleh seluruh lokasi folder tersebut. Akan sangat umum untuk membuat kesalahan disini, jadi lebih baik menggunakan copy-paste pada seksi sebelumnya. Jika directory folder sudah benar maka kalian dapat membuka semua file yang berada disana. Sebagai Contoh disini saga akan membuka folder dimana saga menyimpan gambar untuk postingan Mencari dan Membuka File lewat Command Prompt.

Masukan nama file dalam tanda petik dua "nama file" seperti gambar. Tekan Enter dan file akan dibuka dengan default apliasi yang telah diset.

kesimpulan

Jika kalian mencari semua file dengan 1 topic atau mencari satu file yang tersembunyi dari semua folder pada pc kalian, cobalah menggunakan command prompt. Kemungkinan akan lebih effisient untuk kalian, karena lebih cepat dan lebih responsive daripada membuka folder dari File Explorer.

Artikel Terkait

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus.

Conversion Conversion Emoticon Emoticon