Apakah perlu untuk memperbarui BIOS secara berkala ?

11.40.00
Aku baru saja mengupdate/memperbarui komputerku bulan ini. Aku membeli Motherboard, CPU, Ram baru. Ada juga beberapa perangkat dari komputer lamaku. Aku ingin tetap menyimpan software, utilities antivirus dan file lainnya. Dan karena komputerku terbilang masih baru dan kelihatannya berjalan dengan normal, apakah perlu untuk mengupdate BIOS, Motherboard,Chipset, dan lainnya ?

Ini adalah pertanyaan yang menarik, kita selalu menekankan bagaimana pentingnya untuk tetap menjaga system untuk selalu up-to-date dengan pembaruan dan patch terbaru. Bahkan aplikasi seringkali melakukan pengecekan apakah ada update sendiri secara otomatis.

tapi bagaimana dengan BIOS ?

BIOS & UEFI

BIOS(atau Basic Input/Output System), dan pada komputer generasi baru, UEFI(Unified Extensible Firmware Interface) adalah software yang "menghubungkan" komputer kalian.(aku akan menyebut BIOS untuk keduanya pada artikel ini.) Ini adalah software yang pertama kali dijalankan ketika kalian menyalakan kommputer, softare yang melakukan power-on self test (alias "POST"). Dan ini adalah softare yang mengetahui dimana mencari dan membuka software lain seperti Operating system.

BIOS juga digunakan oleh operating system sebagai interface untuk mengakses hardware pada komputer kalian.

Dan "jika tidak rusak, sebaiknya jangan diperbaiki" / dan "jika bekerja secara normal sebaiknya jangan disentuh". :)

Mengupdate BIOS

Tidak seperti Operating System atau bahkan aplikasi kalian, BIOS jarang sekali menyebabkan kerentanan terhadap system kalian. Faktanya bugs pada BIOS sangatlah jarang, namun jika terjadi dan salah satu untuk memperbaikinya adalah dengan memperbarui BIOS tersebut, maka lakukanlah pembaharuan.

Tidak seperti software lainnya pada komputer kalian, aku tidak merekomendasikan untuk melakukan pembaharuan pada BIOS hanya karena ada versi baru yang tersedia. Hanya ketika kalian mengalami masalah yang hanya bisa diperbaiki dengan memperbarui BIOS saja.

Resiko memperbarui BIOS

Karena pembaharuan BIOS memperbarui firmware pada motherboard, maka didalamnya ada beberapa resiko : jika pembaharuan gagal untuk alasan apapun, kalian mungkin tidak akan bisa untuk me reboot komputer kalian dan bahkan mati.

kebanyakan motherboard modern sekarang termasuk mekanisme reset untuk mengembalikan BIOS ke settingan aslinya. Kadang berbentuk tombol kecil yang ada pada motherboard, kadang berbentuk seperti jumper yang menghubungkan sementara dua koneksi yang terbuka.

Dan kadang tidak ada satupun. Ada motherboard yang tidak bisa direset. Karena umur, ataupun karena masalah keamanan dan lain sebagainya.

Dari mana pembaharuan BIOS datang ?

Pembaharuan ini haruslah datang langsung dari pembuat komputer. Berita dan bantuan seharusnya tersedia pada website pembuat komputer, jika komputer kalian built up sendiri maka pergilah ke website pembuat motherboard kalian.

Disana terdapat informasi terhadap komputer kalian, dan sumber yang tepat untuk semua pembaharuan BIOS komputer kalian.

Artikel Terkait

Latest

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus.

Conversion Conversion Emoticon Emoticon