Kenapa tampilan dokumen microsoft word berbeda pada computer lain ?

10.35.00
Kenapa tampilan dokumen microsoft word berbeda pada computer lain ?

beda printer, beda juga tampilan.


Word prosessor seperti Microsoft word pada umumnya digunakan untuk memproduksi document untuk di print. Ketika word menampilkan document pada print layout atau page view, dia menggunakan karakteristik pada printer yang sedang dipilih untuk menentukan tampilan document seperti apa ketika diprint.

Karakteristik printer sangat banyak. Default margins, ukuran kertas, dan perbedaan lainnya dalam hal kapabilitas dan konfigurasi dapat mengakibatkan document yang muncul terlihat berbeda ketika di view atau di print pada satu system dan system lainnya.

Beda system, beda juga tampilan.


Perbedaan umum lainnya adalah fonts, yang mana tidak sama antara system.
Jika kalian membuat document menggunakan suatu fonts yang terinstal pada computer kalian, dan kemudian dilihat pada computer lain yang tidak terinstal font tersebut, hal tersebut dapat membuat perbedaan. Word akan menggantikan font tersebut menjadi sesuatu yang “mendekati” dengan font yang kalian inginkan. Akan tetapi, “mendekati” cukup samar, dan dapat berbeda dengan apa yang kalian inginkan.



Solusinya adalah PDF.


File format PDF dibuat untuk menyelesaikan masalah ini. PDF, yang mana adalah singkatan dari Portable Document Format, di desain untuk menampilkan tampilan yang sama persis dimanapun tidak mengenal system operasi ataupun karakteristik printer.
Versi saat ini dari Microsoft Word dan pengolah kata lainnya dapat menyimpan dalam bentuk PDF format secara langsung. Pembuatan PDF bekerja seperti printer – tetapi printer yang sama dimanapun. Interface yang digunakan untuk menyimpan PDF hampir sama dengan interface yang kalian gunakan untuk melakukan print document.

Dan hasilnya adalah PDF file yang bisa dilihat dimana saja dengan menggunakan aplikasi pembaca PDF dan seharusnya terlihat dan bisa di print sama persis dengan PDF kalian yang asli.

Apa itu PDF


PDF adalah bukan format yang di desain untuk mengubah document. Berdasarkan dokumen, mungkin bisa di edit, sampai batas tertentu, tetapi itu sama sekali bukan tujuan dari PDF. Anggap format tampilan saja, tidak seperti kertas yang ingin diganti.
Jika kalian ingin bertukar document yang mana orang lain dapat mengedit dan membuat perubahan kepada document tersebut, maka Word dengan “.doc” dan “.docx” format yang kalian butuhkan hanya saja jangan terlalu banyak berharap dokumentnya akan terlihat sama.
Gunakan tool yang tepat untuk suatu pekerjaan.

Ketika berbagi document yang sudah selesai dengan orang lain, gunakanlah PDF. Selalu. Kemudian cek document supaya PDF sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Jika kalian menginginkan untuk berbagi document dengan format Word, jangan terlalu berharap untuk menampilkan atau pun printout sama seperti yang kalian inginkan dimanapun.

Artikel Terkait

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus.

Conversion Conversion Emoticon Emoticon