Blender Interface

09.49.00
Interface pada blender.

Berikut ini adalah screenshot tampilan dari blender.
Disini kita menggunakan blender versi 2.76b


Kenapa blender tidak membuat UI sesuai dengan OS yang dimiliki user ?

Blender menggunakan UI yang sama untuk semua system operasi, yang mana akan otomatis mengisi layar monitor kalian. Inti dari UI Blender dapat dikatakan sebagai Workflow. Blender dibuat oleh 3D graphics shop untuk digunakan secara pribadi. Sebagai mesin pendapatan untuk mereka, mereka mendisen untuk memaksimalkan produksi. Kecepatan dan kehalusan operasional. Yang artinya menghindari “benjolan” yang dapat memperlambat user.

Sebagai contoh, windows tidak pernah overlap, jadi tidak perlu untuk memerintahkan mereka lagi. Kalian tidak perlu untuk mengklik pada jendela untuk membuatnya aktif, kalian hanya perlu menjalakanan mouse saja. Ada beberapa interupsi pop up yang menanyakan beberapa informasi sebelum menjalankan beberapa action. Sebagai gantinya, action tersebut segera dilaksanakan dengan setingan default, yang mana dapat kalian tentukan setelahnya dan segera mendapatkan timbal balik pada hasilnya.

Blender mungkin tidak se intuitive untuk mulai dipelajari, kalian tidak bisa hanya dengan duduk dan mempelajari semuanya sendiri, terutama jika tidak tahu sama sekali. Tapi jika kalian sudah mengetahui dan memahami dasarnya, kalian akan lebih cepat mengerti dan kalian bisa memulai untuk bereksperiment dan mencoba mempelajarinya sendiri.

Kenapa Blender tidak membuat prompt untuk menyimpan perubahan ?

Kebanyakan aplikasi modern akan menanyakan sebuah konfirmasi jika kalian akan menutup sebuah document yang belum disimpan. Blender sering kali di kritik karena tidak melakukannya.
Tapi coba pikir lagi, apa itu “unsaved change” ? apakah merubah tool atau menyesuaikan jendela layout penting untuk disimpan ? pada blender, jawabannya adalah “iya”, karena semua itu adalah bagian dari document yang akan di restore ketika dibuka. Jadi blender akan membuat prompt konfirmasi setiap waktu kalian menutup sebuah document atau keluar dari blender.

Sebagai gantinya, Blender selalu menyimpan sebuah perubahan ketika di tutup, menjadi sebuah file dengan nama ‘quit.blend’. Di lain waktu kalian menggunakan Blender, cukup pilih File -> Recover Last Session dan kalian dapat melanjutkan dari yang terakhir kalian menutup Blender.

sumber : https://en.wikibooks.org

Artikel Terkait

Latest

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus.

Conversion Conversion Emoticon Emoticon