User Preferences Windows

09.07.00

NOTE screenshoot saat ini menggunakan Blender 2.76

Preferences windows


Menyimpan user Preferences

Kebanyakan aplikasi mempunyai tempat untuk menyimpan setingan user(termasuk default dokumen), ditempat yang berbeda dengan dokumen lain yang dibuat oleh user. Blender sedikit berbeda. Semua user-setting disimpan pada setiap dokumen yang user buat. Setiap kali kalian membuat dokumen blender baru, Blender akan memuat kembali default dokumen, yang mana disebut dengan .B.blend. untuk menyimpan tampilan sekarang kalian sebagai default dokumen, tekan  CTRL  +  U . Hal ini akan menyimpan semua yang telah kalian lakukan pada dokumen in-memory saat ini, termasuk object dan material yang telah di buat ke .B.blend.

Mengakses User Preferences

Pertama kita harus membuka jendela User Preferences. Ada 3 cara untuk membukanya

- Klik  LMB  File > User Preferences.
- Ubah tipe window di header menjadi User Preferences
- Tekan  CTRL  +  ALT  +  U , yang mana akan membuka User Preferences ke window yang terpisah yang dapat di resize.

Window User Preference terlihat seperti screenshoot dibawah ini.



Mengatur User Preferences kalian


Auto Save
Seperti namanya, Auto Save secara otomatis akan menyimpan dokumen Blender .blen yang terbuka saat ini. Setingnya sebagai berikut :
  • Auto Save Temporary Files, ini akan mengaktifkan / mematikan fitur auto save
  • Timer (menit) slider, ini akan menspesifikasikan waktu berapa menit sekali Auto save dijalankan.

Info
Pada Blender 2.66 dan selanjutnya, terdapat tambahan pilihan yang tersedia : “Keep Session”. Pilihan ini akan selalu menyimpan menjadi sebuah file quit.blend ketika keluar dari aplikasi Blender, dan memuatnya kembali ketika membuka Blender. Jika kalian menutup Blender dengan “file yang kosong” (start up .blend), ini akan tetap menampilkan nama window header “Blender” dan menganggap bahwa tidak ada file yang dimuat.



Undo Level
Secara default, Blender dapat mengingat 32 aksi terakhir dan memperbolehkan kalian untuk melakukan undo dengan menekan  CTRL  +  Z . Jika computer kalian memiliki banyak memory, mungkin kalian ingin meningkatkan jumlah tersebut, namun jika sedikit, mungkin kalian ingin mengurangi jumlah tersebut menjadi 10 atau 20 aksi. Memory Limit slider akan menspesifikasikan jumlah RAM(satuan MB) yang digunakan untuk menyimpan Undo ini. Undo level “0” adalah tidak terbatas.



Numpad Emulation
Blender menggunakan numberpad keys (angka  7 ) untuk mengontrol 3D View dan ordinary numeral keys (yang angka vertical berada di atas huruf) untuk mengganti layer. Jika kalian menggunakan laptop kalian dapat menggunakan Emulate Numpad untuk mengatur control 3D View ke ordinary numeral keys.



Jika kalian ingin mengembalikan ke factory setting, kalian dapat menghapus file “.blend” kemudian merestart Blender, atau  LMB  File > Load Factory Settings.

Info
Cara kedua hanya berefek pada session yang sedang berjalan. Supaya setingan tersebut menjadi tetap, kalian harus menyimpannya dengan  CTRL  +  U  atau File > Save User Settings – menu ini ganti nama menjadi Save Startup File pada Blender 2.67b dan selanjutnya.

Sumber = terjemahan dari wikibook

Artikel Terkait

Latest

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus.

Conversion Conversion Emoticon Emoticon