Apakah menggunakan on-screen keyboard pada windows akan menghentikan keylogger ?

09.33.00
Apakah menggunakan on-screen keyboard pada windows akan menghentikan keylogger ?
Jawabannya adalah tidak

Meskipun on-screen keyboard dapat menghentikan beberapa jenis keylogger, tapi bukan berarti dapat 100% effektif

Keylogger adalah semacam malware yang merekam semua ketikan untuk menemukan username dan password supaya hacker dapat masuk ke akun kalian. Baca keylogger.

Koneksi keyboard


Ketika kalian mengetik dengan keyboard, sebuah microprosesor yang ada didalam keyboard akan mengirimkan signal via kabel yang menghubungkan keyboard dengan computer kalian.

Dan disinilah kelemahan yang pertama. Bukan microprosesor pada keyboard(secara teknis mungkin aja, tapi jarang) tapi kabel atau kemana kabel ter plug-in.

Biasanya banyak terpasang pada warnet – warnet, ketika seseorang datang dan memasang perangkat fisik antara keyboard dan computer, sebuah perangkat yang melakukan penyadapan dan melakukan perekaman terhadap aktifitas kita. Beberapa waktu kemudian, mereka datang lagi untuk mengambil perangkat tadi, dan tentu saja beserta informasi yang telah direkam didalam perangkat tersebut dari computer yang telah digunakan usernya.

Wireless keyboard bahkan lebih parah lagi. Wireless keyboard sebenarnya mem-broadcast ketikan yang kalian ketik. Receiver apapun yang ada pada jarak wireless keyboard tersebut dapat “melihat”. Wireless keboard sebenarnya telah meng-enkripsi data mereka dan informasi yang diberikan seharusnya aman, tapi kualitas dari enkripsi tersebut bermacam – macam, berdasarkan umur keyboard dan vendor yang membuatnya. Ditambah, dengan konsep “dalam jangkauan” akan menjadi suatu hal yang tak pernah kebanykaan orang pikirkan, khususnya sebagai pencuri dengan perlengkapan yang didedikasikan untuk tujuan ini.

Berita baiknya on-screen keyboard sebenarnya memberikan kalian proteksi terhadap 2 masalah spesifik ini. Kalian mem-bypass component pada hardware keyboard yang dapat disalah gunakan.

Berita buruknya adalah hardware based keylogger cukup jarang dijumpai. Yang lebih sering adalah keylogger dalam bentuk software.

Keyboard Software


Ketika ketikan kalian dari keyboard sampai pada computer, mereka dip roses oleh keyboard driver yang mana menterjemahkan keyboard “scan codes” sewaktu mereka dipanggil, menjadi huruf, angka dan symbol.

Keylogger pada umumnya memasukan diri mereka pada proses akhir penerimanaan ini. Mereka mendapatkan ketikan dari keyboard sewaktu mereka dipanggil oleh windows.

on-screen keyboard dan keylogger

Aplikasi on-screen keyboard adalah sebuah “virtual” keyboard. On-screen keyboard memiliki perangkat driver sendiri, yang mana windows “melihatnya seperti” keyboard asli.

Hasilnya adalah setiap ketikan yang dikirimkan ker windows cukup mudah di tangkap oleh key-logging software yang sama dengan menangkap dari keyboard asli, jika keylogger tersebut terinstal ditempat yang tepat.

Keylogger hanya sebuah malware.

Mungkin konsep yang paling penting untuk di ingat disini adalah keylogger hanyalah bentuk lain dari malware. Dan malware dapat melakukan apapun, keylogging malware bahkan bisa melakukan lebih daripada merekam setiap ketikan.

Kalian menggunakan virtual keyboard dengan menggunakan mouse untuk mengklik pada gambar sebuah key pada keyboard. Sebuah keylogger dapat merekamnya maka setiap kali klik dari mouse :
  • Merekam lokasi dari mouse pada screen
  • Merekam gambar screenshoot dari layar atau hanya area disekitar pointer mouse.

Keylogger telah merekam beberapa gambar yang menunjukan dimana kalian mengklik dan secara berurutan. Dengan kata lain, keylogger mereka setiap ketikan virtual kalian.

Note, keylogging juga mem-bypas salah satu teknik keamanan dengan merandom layout keyboard pada screen, kalian masih bisa melihat harus klik dimana dan keylogger hanya merekam apa yang kamu lihat dan dimana kamu mengklik, terlepas dari bagaimana layout keyboard.

"Keylogger hanyalah sebuah bentuk lain dari malware, jadi lakukan semua yang kamu lakukan untuk mencegah malware pada computer kalian maka kalian juga akan mencegah keyloger."
say Leo

https://askleo.com/will_using_an_on_screen_keyboard_stop_keyboard_loggers_and_hackers/

Artikel Terkait

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus Conversion Conversion Emoticon Emoticon