Beberapa hal yang dapat memperlambat kinerja komputer

11.44.00
Ada beberapa langkah yang dapat rekan – rekan lakukan untuk meningkatkan kecepatan computer rekan – rekan.
Hal yang paling simple adalah dengan menguninstall program yang tidak digunakan namun sebelum kita melihat ke software kita akan melihat ke RAM. RAM bisa dibilang cukup murah dan jika PC rekan – rekan masih bisa ditambahkan RAM, maka hal ini dapat meningkatkan kecepatan computer rekan – rekan, windows sangat menyukai RAM tapi jika berlebihan RAM juga tidak bagus.
Jika PC rekan – rekan telah memenuhi minimum requirement untuk OS windows yang ingin dijalankan, namun minimum requirement hanya untuk kebutuhan minimal supaya system dapat berfungsi. Jika rekan – rekan menginginkan system yang dapat bekerja dengan baik, maka kalikan dengan 2 minimum requirement tersebut namun yang sangat ideal adalah menambahkan seberapa banyak PC rekan – rekan dapat mengatasinya (askleo.com)

Terlalu banyak program yang sedang berjalan
Seperti yang dikatakan sebelumnya yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah terlalu banyak program yang sedang berjalan, ingat yang dikatakan disini adalah yang sedang berjalan bukan yang terinstal. Software yang terinstal hanya mengambil space dari harddisk rekan – rekan namun software yang sedang berjalan akan menggunakan RAM, CPU juga harddisk. Maka dari itu software yang sedang berjalan pada PC rekan – rekan lebih sering memperlambat kinerja computer.

PUP dan Foistware
Akhir – akhir ini banyak sekali software yang ketika kita menginstal mereka, mereka juga membawa software dan aplikasi dari pihak ketiga seperti toolbar browser, beberapa icon yang tidak dikenal muncul pada task bar.
Permasalahan ini sering kali terjadi dan cukup merepotkan dan menurunkan performa computer, jalankan malwarebyte dan adwcleaner untuk membersihkan mereka, namun untuk mencegah hal ini supaya tidak terulang lagi ada baiknya ketika menginstal suatu program atau software rekan – rekan jangan terlalu terburu – buru menekan tombol next namun perhatikan dahulu proses instalasi tersebut sebelum menekan tombol next.

Program pada auto start
Banyak program yang rekan – rekan install akan muncul pada automatically start dan ketika rekan – rekan menyalakan computer program ini akan berjalan secara otomatis entah itu rekan – rekan inginkan atau tidak dan sayang sekali hal ini artinya adalah mereka ‘mencuri’ resource CPU, RAM dan hal lainnya dari program yang ingin rekan – rekan jalankan. Namun tidak semua yang berjalan pada start up atau berjalan secara otomatis ini berkontribusi pada performa computer. Dan masalahnya adalah setiap orang kebutuhannya berbeda. Nasehat yang askleo.com berikan adalah
“review icon yang muncul pada taskbar yang berada disebelah kanan desktop, masing – masing dari icon tersebut mewakilkan paling tidak 1 program yang sedang berjalan. Dan pastikan program itu rekan – rekan butuhkan”. Cek start up windows pada msconfig > tab start up (Start > Run > ketik msconfig) atau pada windows 8 ada pada task manager > tab startup, review entry tersebut dan pastikan rekan – rekan membutuhkannya, cari diinternet entry tersebut untuk memastikan rekan – rekan membutuhkannya atau tidak.

Solusi ? sebenarnya cukup simple
1. Lakukan satu hal saja dalam satu waktu, ketika rekan – rekan sudah selesai dengan satu program tutplah program itu
2. Jangan buka tab pada browser terlalu banyak
3. Kurangi document yang terbuka
Masing – masing dari hal itu dapat berkontribusi dalam lambatnya system dengan menambahkan kinerja CPU dan RAM.

Source : askleo.com


Artikel Terkait