Pengertian, Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia

09.36.00
Pengertian Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang penting untuk mempersatukan seluruh bangsa. Oleh sebab itu, Bahasa Indonesia merupakan alat mengungkapkan diri baik secara lisan maupun tulis.

Kemahiran berbahasa Indonesia bagi mahasiswa Indonesia tercermin dalam tatapikir, tataucap, tatatulis, dan tatalaku berbahasa Indonesia dalam konteks ilmiah dan akademis. Oleh karena itu, bahasa Indonesia masuk dalam kelompok mata kuliah pengembangan kpribadian mahasiswa, yang kelak sebagai insan terpelajar akan terjun ke dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pemimpin.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang masih hidup tidak dapat menghindarkan diri dari tuntutan perkembangan masyarakat pemakainya. Hal ini senada dengan, apa yang disampaikan Aldi Firmansyah (Solo Pos, 22 Juli 2007) bahwa strategi bahasa agar tidak ditinggalkan oleh pemakainya, yaitu bahasa haruslah tetap terbuka dan dinamis bagi perkembangan zaman, tak terkecuali bagi bahasa Indonesia.

Sejarah Bahasa Indonesia

  • Sebelum Kemerdekaan
Bahasa Indonesia merupakan salah satu dialek bahasa Melayu. Selama berabad-abad bahasa melayu dipakai sebagai alat perhubungan diantara penduduk Indonesiayang mempunyai bahasa yang berbeda. Bangsa asing yang datang ke Indonesia juga memakai bahasa Melayu untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat. Prasasti tertua yang ditulis dalam bahasa Melayu berasal dari abad ke-7. Masuknya Islam ke Indonesia sekitar abad ke-13. Tradisi penulisan bahasa Melayu dengan huruf Arab masih berlangsung sampai abad ke-19.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam kongres pemuda yang dihadiri oleh aktivis dari berbagai daerah di Indonesia, bahasa Melayu diubah namanya menjadi bahasa Indonesia yang diikrarkan dalam Sumpah Pemuda sebagai bahasa persatuan atau bahasa nasional. Sebagai wujud perhatian yang besar terhadap bangsa Indonesia, pada tahun 1938 diselenggarakan Kongres bahasa Indonesia pertama di Solo.

Pada masa pendudukan Jepang, pemerintah Jepang memberlakukan  pelarangan penggunaan bahasa Belanda. Pelarangan ini berdampak positif terhadap bahasa Indonesia dalam proses perkembangannya.

  • Sesudah Kemerdekaan
Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, pada tanggal 18 Agustus ditetapkan Undang-Undang Dasar 1945 yang di dalamnya terdapat pasal, yaitu pasal 36, yang menyatakan bahwa “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.” Pada era globalisasi saat ini, bahasa Indonesia berkembang seiring dengan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris. Semakin banyak orang Indonesia yang belajar dan menguasai bahasa Inggris tentu saja merupakan hal yang positif dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi.



Kedudukan Bahasa Indonesia
Melalui sejarah perjalanan yang panjang, bahasa Indonesia terlah mencapai perkembangan yang luar biasa, baik dari segi jumlah penggunanya, maupun dari segi sistem, tata bahasa dan kosakata, serta maknanya. Sekarang bahasa Indonesia telah menjadi bahasa besar yang digunakan dan dipelajari tidak hanya di seluruh Indonesia tetapi juga di banyak negara.

Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia 

  • Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, lambang identitas nasional, alat pemersatu berbagai suku bangsa, dan alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya.

  • Bahasa Indonesia sebagai Lambang Kebanggaan Nasional
Tidak semua bangsa di dunia mempunyai sebuah bahasa nasional yang dipakai secara luas dan dijunjung tinggi. Adanya bahasa yang dapat menyatukan berbagai suku bangsa yang berbeda merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

  • Bahasa Indonesia sebagai Lambang Identitas Nasional
Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang budaya dan bahasanya berbeda. Untuk membangun kepercayaan diri yang kuat, sebuah bangsa memerlukan identitas. Identitas bangsa Indonesia diwujudkan melalui bahasa, yaitu bahasa Indonesia.

  • Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Berbagai Suku Bangsa
Sebuah bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa yang budaya dan bahasanya berbeda akan mengalami masalah besar dalam melangsungkan kehidupannya. Dengan adanya bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa nasional pepecahan tersebut dapat dihindari karena suku-suku bangsa tersebut merasa satu.

  • Bahasa Indonesia sebagai Alat Perhubungan Antardaerah dan Antarbudaya
Masalah yang dihadapi bangsa terdiri atas berbagai suku bangsa dengan budaya yang berbeda adalah komunikasi. Dengan adanya bahasa Indonesia menjadi jawaban dari adanya kebutuhan ini. Sudah berabad-abad bahasa ini menjadi lingua franca di Indonesia.


Sumber : Dosen mata kuliah bahasa indonesia saga

Artikel Terkait

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus Conversion Conversion Emoticon Emoticon