Virus komputer

09.15.00

Virus komputer merupakan program yang dapat menggandakan diri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dari dirinya kedalam suatu program, aplikasi, dokument. virus dapat merusak data yang ada pada PC, menyembunyikannya, menggandakan file tersebut,mengcopy suatu data dan dikirim kepada pembuat virus itu atau bahkan menghapus file itu dan menggantinya dengan salinan dari program virus tersebut sehingga merusak suatu aplikasi.

Cara kerja virus

Virus komputer umumnya dapat merusak program komputer dan secara tidak langsung merusak hardware Pc dengan cara memaksa kerja ke perangkat tertentu, dengan memperbanyak dirinya sehingga memaksa kerja memory. hampir 95% penyerangan virus ke PC berbasis system operasi windows dan sisanya menyerang system operasi lain(linux, mac, sun dll).

Berdasarkan kategorinya virus dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  • worm - menduplikatkan diri sendiri sehingga membuat harddisk komputer menjadi penuh
  • Trojan - mengambil data dari komputer yang terinfeksi dan mengirimkan data tersbut kepada pembuat Trojan itu
  • Backdoor - hampir sama dengan trojan namun backdoor, bisa menyerupai file yang baik - baik saja
  • Spyware - virus yang memantau Pc yang terinfeksi
  • Roque - merupakan program yang meniru antivirus dan menampilkan aktivitas seperti layaknya antivirus dengan memberikan peringatan - peringatan palsu tentang adanya virus yang bertujuan supaya user membeli antivirus palsu tersebut dan mengaktivasinya sehingga mendatangkan uang bagi si pembuat virus Roque tersebut. dan juga Roque dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit - virus yang bekerja menyerupai system komputer biasa
  • Polymorphic virus - Virus yang bisa berubah bentuk agar tidak dapat dideteksi
  • Metamorphic Virus - Virus yang dapat mengubah programnya sendiri agar lebih sulit dideteksi

Cara mengatasinya

Menurutku tidak ada cara mengatasinya "sekuat - kuatnya security system pasti ada celah untuk masuk karena sepandai - pandainya keamanan maling lebih pandai dari itu karena sudah punya niat untuk mencuri", jadi untuk mencegah supaya tidak terinfeksi adalah dari user itu sendiri dengan :

  • tidak mendownload aplikasi dari situs yang berbahaya(jangan download dari torrent dan atau semacam itu tapi itu menurutku sendiri) jika mau download lihatlah commentar pendownload sebelumnya jika ada, Saga pernah mencoba untuk download di torrent ini sudah mendownload programnya dan tidak sengaja membaca komentarnya seperti ini "trojan detected don't download" uhh langsung saja Saga Hapus padahal sudah terdownload, lumayan juga sizenya waktu itu sekitar 100Mb tapi demi keamanan biarlah.
  • tidak menjalankan aplikasi yang mencurigakan
  • tidak membuka email yang mencurigakan
  • nyalakan firewall
  • update selalu antivirus

oiya antivirus dan firewall disini menurutku adalah tembok terakhir, kenapa ? karena antivirus baru akan bisa mendeteksi setelah melakukan 'Fullscan' meskipun antivirus - antivirus sekarang sudah banyak yang mempunyai fitur Real time protektion dan update lebih dari daily(beberapa jam sekali)atau virus melakukan penyerangan langsung setelah induk dari virus tersebut berjalan.

Artikel Terkait

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus Conversion Conversion Emoticon Emoticon