Perbedaan versi 32-bit dengan 64-bit

11.48.00
source : around the net

Perbedaan versi 32-bit dengan 64-bit

Sebelum membahas system operasi versi 32bit atau 64it, ada baiknya rekan - rekan mengetahui komputer atau laptop rekan - rekan itu menggunakan versi yang mana ? caranya start >> control panel >> system atau klik kanan my computer dan pilih properties, atau dari run command ketik sysdm.cpi, atau shortcut simbol windows + pause break disana rekan - rekan bisa melihatnya jika x86 bila menggunakan system 32 dan x64 jika menggunakan system 64.

Pada dasarnya perbedaan system 32bit degnan 64bit terletak pada processornya, jika cpu rekan - rekan generasi pentium 3 kebawah sudah pasti systemnya menggunakan 32bit. untuk OS mulai XP sampai sekarang sudah ada 32bit dan 64 bit, tetapi system operasi dibawah windows XP masih menggunakan 32bit.

Kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Pada teorinya system 64bit lebih cepat dalam memproses suatu data dibandingkan dengan system 32bit. ada batasan matematis yang signifikan terhadap dua jenis prosesor. prosesor 32bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan biasanya dibatasi 2GB setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64bit secara teori dapat bekerja dengan kapasitas hingga 17 juta GB.

sebelumnya mustahil untuk satu program memerlukan memory dalam jumlah besar, namun beberapa game - game modern saat ini melebihi batas tersebut, mungkin karena alasan inilah prosesor 64bit menjadi sangat populer.

Untuk saat ini banyak software dan perangkat lunak yang support dengan system 32bit namun untuk system 64bit masih jarang, akan tetapi tidak sedikit software 32bit yang diinstall di 64bit, kecuali driver dan anti virus harus diinstall sesuai versi system yang diinstall.

Saga rasa itulah perbedaan antara system 32bit dengan 64bit, jikalau ada kekurangan kata bisa rekan - rekan semua betulkan

Artikel Terkait

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus Conversion Conversion Emoticon Emoticon