Non standart equipment

11.06.00
Non standart equipment
Tulisan kali ini hanya ditujukan untuk penggunaka dengan perangkat inputan tidak standart. Jika kalian mempunyai :

  1. Mouse dengan tiga tombol (klik kanan, klik kiri dan scroll) dan
  2. Keyboard dengan numpad,

Kalian dapat melewati tulisan ini kali ini.

Keyboard tanpa Numpad
Kebanyakan laptop modern mempunyai Pseudo-numpad, satu set tombol di keypad utama yang juga sekaligus menjadi numpad. Tombol yang biasanya digunakan untuk ini adalah


 7key   8key   9key   0key 
 U   I   O   P 
 J   K   L   ; 
 M   ,Key   .Key   SLASH 


Ketika digunakan sebagai pseudo-numpad, tombol ini berganti fungsi menjadi tombol – tombol berikut dalam numpad

 Num7   Num8   Num9   Num/ 
 Num4   Num5   Num6   Num* 
 Num1   Num2   Num3   NUM− 
 Num0   NumENTER   Num.   Num+ 

Fungsi numpad ini biasanya dapat di aktifkan dengan menekan tombol  F11  atau  NUMLOCK  pada PC atau dengan tombol  F6  pada Macs. Kalian juga bisa mengaktifkannya kebiasaan numpad secara sementara dengan menekan tombol  Fn  Jika keyboard kalian terdapat labelnya tapi kalian tidak tahu bagaimana cara mengaktifkannya, bacalah buku manualnya terlebih dahulu.

jika masih tidak ada, cara terakhir kalian bisa menggunakan "Emulate Numad" sebuah fitur dari Blender. Fitur ini berfungsi sama seperti numpad normal pada umumnya instruksi untuk memakai fitur ini dapat di temukan pada modul "User Preferences windows".

Blender sering menggunakan numeric keybad. jika kalian bekerja dengan laptop kalian, akan lebih berguna jika kalian menginvestasikan uang kalian untuk membeli sebuah USB Numeric Keypad. di eBay, harga untuk numpad external berkisar $10 USD.



untuk mouse non three-button

untuk single-button mouse user, pastikan View & Controls (input for Blender 2.54) (dibawha "user preferences") > Emulate 3 Button Mouse sudah enable.

pada kebanyakan komputer yang menggunakan mouse dengan 2 tombol.  MMB  dapat dicapai dengan menekan tombol  LMB  and  RMB  secara bersamaan. Pada windows kalian harus mengaktifkannya melalui control panel. pada Mac, buka Keyboard and Mouse preference pane and enable Use two fingers to scroll. alternatif Emulate 3 Button Mouse under User Preferences,  MMB  dapat di emulasi dengan menekan  Alt  dan  LMB .




IBM Thinkpad yang terbaru memperbolehkan kalian untuk mendisable fitur 'UltraNav' dari tombol mouse tengah supaya dapat digunakan sebagai tombol ketiga secara normal. alternatively, beberapa laptop mengijinkan area (yang biasa dipanggil gestures) pada movement pad untuk sebagai MMB atau RMB dan hal ini dapat di setup di control panel pada Opsi Mouse pointer, memilih dan mengedit fitur disini.

Apple Single-button Mouse


Apple single-button mouse substitutions
Notation Single-button Substitute Description
 LMB   MB  the Mouse Button
 RMB   Cmd + MB  Apple key + the Mouse Button
 MMB   Alt + MB  Option (Alt) key + the Mouse Button


MAC OS X nativ menggunakan kedua  Ctrl + MB  dan  Cmd + MB  untuk mengemulasi  RMB , Blender yang dirilis untuk MAC OS X hanya menggunakan  Cmd + MB  untuk tujuan ini. Hal ini sudah di dokumentasi pada file OSX Tips yang ada pada Mac version.



Artikel Terkait

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus.

Conversion Conversion Emoticon Emoticon