Sagarichan.com on Facebook Sagarichan.com on G+ Sagarichan.com on Twitter

Teknik Menulis Artikel

Teknik Menulis Artikel
Artikel sendiri bisa berarti karya tulis seperti berita atau esai. Esai adalah karangan prosa (bukan menggunakan kaidah puisi) yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Itu sebabnya, artikel di media massa itu bertaburan data-data teknis, tapi lebih ke arah pemaparan sepintas lalu dan itu murni pendapat pribadi penulisnya setelah membaca pendapat lain dari begitu banyak karya yang telah dibacanya. Ada beberapa teknik penulisan yang dapat dijadikan acuan dalam menulis artikel.

Memilih topik
Memilih topik sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hanya saja, bagi penulis pemula memilih topik sama beratnya dengan membuat judul atau isi tulisan. Padahal, tema atau topik yang bisa diangkat menjadi tulisan begitu banyak dan mudah kita dapatnya. Cobalah mencari topik yang dekat dengan kita. Bertanya dan mengobrol dengan teman atau bisa juga membaca  koran, intinya mencari-cari berita yang menarik. Setelah mendapatkan, hal tersebut bisa ditulis ulang dengan sudut pandang yang berbeda. Misalnya, topik yang diambil adalah perilaku seks bebas remaja. Setelah membaca berita itu, dari mulai fakta dan arahnya ke mana, kita bisa membuat daur ulang dengan pengembangan yang lebih teoritis, dengan gaya bahasa sendiri. Misalnya berlaku sebagai wartawan yang menyelidiki kasus itu. Bisa di ubah dengan versi yang baru tentang penyelidikan kasus seks bebas di kalangan remaja.
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih topik:
1) Carilah topik yang sedang menjadi tren.
2) Bisa juga kita menciptakan tren.
3) Pilih hal yang dekat dengan sasaran pembaca.
4) Hindari topik yang tidak dikuasai atau menimbulkan polemik yang tidak perlu.
5) Biasakan berlatih mengikuti peristiwa yang berkembang untuk bahan tulisan.

Membuat kerangka tulisan
Ada baiknya memang membuat kerangka tulisan. Dalam bahasa yang tren saat ini disebut outline. Kerangka tulisan berguna untuk membatasi apa yang harus kita tulis. Ibarat Pak Tani yang akan menggarap sawah, ia harus menentukan batas garapannya. Supaya tak melebar kemana-mana, apalagi sampai mengambil jatah orang.

Dengan membuat kerangka tulisan, akan mudah untuk menentukan maksud dan arah tulisan. Bahkan juga bisa berhemat dengan kata-kata, termasuk pandai memilih kosa kata yang tepat untuk alur tulisan kita. Beberapa panduan untuk membuat kerangka tulisan:
1) Paparkan fakta-fakta seputar tema yang akan kita bahas.
2) Lakukan penilaian atas fakta-fakta itu. Sudut pandang rasional.
3) Kumpulkan bahan-bahan pendukung argumentasi kita.
4) Simpulan.

Menabung kosa kata
Untuk menjadi penulis, bolehlah kita mencoba untuk menabung kosa kata. Mengumpulkan setiap hari lima saja. Maka dalam sebulan kita punya tabungan kosa kata sekitar 150 buah.  Kosa kata itu cukup untuk memoles tulisan yang kita buat. Sebab, menulis adalah keterampilan mengolah data-data dalam suatu rangkaian kata. Ibarat kita mau membangun rumah, batu-bata sudah siap, semen dan pasir udah banyak, batu untuk pondasi udah menumpuk. Begitupun dengan kayu, bambu, cat, keramik dan genteng, sampai yang pernik-pernik seperti paku dan instalasi listrik semua sudah lengkap.

Perlu keahlian khusus tentunya untuk merangkai semua itu jadi sebuah rumah. Menata batu untuk pondasi, memasang batu-bata dan merekatkannya dengan campuran semen, kapur, dan pasir. Memasang kayu-kayu untuk jendela dan pintu. Tembok yang sudah jadi, perlu dilapisi dempul sebelum akhirnya dicat dengan warna kesukaan kita. Menyusun genteng untuk menutupi atap rumah kita. Sampe rumah itu jadi dan enak dipandang mata. Mengasyikan tentunya.

Buatlah judul yang menarik
Pembaca akan mudah tertarik untuk membaca sebuah tulisan, jika judulnya juga menarik. Anggap saja judul itu sebagai pancingan. Itu sebabnya, boleh dibilang membuat judul perlu ‘keterampilan’ khusus. Tapi jangan kaget dulu, kita bisa belajar untuk membuatnya. Hanya perlu waktu dan sedikit kerja keras dan kerja cerdas untuk terus berlatih. Yakin bisa deh.

Sebagai latihan awal, cobalah Anda sering membaca tulisan orang lain. Kalau Anda mau, coba baca majalah-majalah ibu kota yang oke mengolah kata dalam membuat judul (misalnya TEMPO, GATRA, GAMMA, dan KONTAN). Perhatikan judul-judul tulisannya. Makin banyak Anda membaca judul tulisan-tulisan tersebut, kian terasah imajinasi Anda untuk membuat judul yang menarik hasil kreasi Anda sendiri. Terus terang saya juga banyak menggali ide untuk membuat judul dari majalah-majalah tersebut (selain banyak juga dari buku-buku dan majalah lainnya).

Untuk jenis tulisan yang ngepop, buatlah judul yang pendek. Paling tidak dua sampai empat kata. Jangan sampe panjang seperti rangkaian kereta api (ini cocoknya untuk skripsi). Sebab, jika judul yang kita buat panjang--padahal tulisan ngepop--membuat orang tak tertarik untuk membacanya. Mungkin akan dilewati aja tulisan Anda tersebut. Padahal, boleh jadi isinya sangat menarik.

Judul yang menarik, tidak saja membuat orang penasaran untuk membaca tulisan Anda, tapi juga menunjukkan kelihaian kamu dalam mengolah kata-kata.

Pastikan membuat subjudul
Subjudul sangat menolong kita untuk menggolongkan dan membatasi pembahasan dalam sebuah tulisan jenis artikel dan berita. Pembaca pun dibuat mudah membaca alur tulisan yang kita rangkai. Sehingga mereka terus bertahan untuk mengikuti tulisan kita sampai habis. Mereka juga akan sangat terbantu memahami apa yang kita tulis. Itu sebabnya, sub-judul menjadi begitu penting dalam sebuah tulisan.

Subjudul dalam sebuah tulisan, juga berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan dalam membaca. Hal tersebut akan menjadi ada napas baru untuk menyegarkan kembali tulisan yang akan kita buat. Jadi, kita harus berlatih untuk membagi alur dengan tanpa memenggal rangkaian dari inti tulisan kita. Itu sebabnya, membuat subjudul adalah solusi paling tepat untuk membagi alur.

Lead/ Teras Berita
Lead, alias teras berita adalah sebuah tulisan pembuka yang menjadi titik penting bagi pembaca. Lead yang menarik, boleh jadi akan merangsang pembaca untuk terus membaca isi berita atau artikel yang kita buat. Jika lead-nya kurang menarik, pembaca akan mengucapkan menyudahi bacaannya. Mereka merasa cukup membaca sebatas judul, atau satu kalimat atau alinea di depan yang tak menarik itu. Jadi, perlu mendapat perhatian juga supaya tulisan yang kita buat mampu menggoda pembaca untuk melanjutkan bacaannya. Boleh dikatakan selain judul, lead adalah menu yang wajib memikat hati pembaca. Itu sebabnya, lead menjadi begitu penting, meski tidak pokok tentunya.


source : dosen bahasa indonesia

0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Kaspersky antivirus 2014 giveaway



Update : Sekarang Promo ini sudah selesai

Kaspersky adalah antivirus andalan saga disini yang terbukti ampuh untuk mencegah virus untuk masuk ke PC dan laptop Saga

nah sekarang kaspersky sedang membuat promo 'giveaway'
memberikan license kaspersky antivirus 2014 secara FREE untuk 72 orang pertama

berikut ini linknya  Kaspersky antivirus 2014 giveaway

saat postingan ini dibuat sudah ada 7 orang dari 72 Free license kaspersky antivirus 2014 ini dan waktunya tinggal 13 hari 15 jam lagi untuk mendapatkan FREE license kaspersky antivirus 2014 ini..

jadi selama masa promo ini segera dapatkan license rekan - rekan


---

Update : Sekarang Promo ini sudah selesai

0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Manual Reset Epson L110

hahaha....

mereset manual ink charge epson L110

Printer Epson L110 atau LSeries ini cukup murah dalam jangka panjang meskipun harga printernya sendiri sekitar 1 jutaan(L110) namun harga tintanya yang ori sekitar 75 ribu rupiah(jawa timur tempat ane :p ) dan dapat bertahan kurang lebih sebulan dengan kapasitas printnya kurang lebih 50 lembar perhari.

nah, barusan aja Saga Refill nih printer biasanya sih tinggal isi aja langsung otomatis recharge sendiri nih printer namun hari ini tidak mau udah 30 menit nunggu :wew:, Saga coba reset pakai adjprogram buat reset tetep merah dan akhirnya experimentpun dilakukan pada printer epson L110 ini dan hasilnya adalah langkah - langkah berikut ini :


langkah - langkah mereset manual epson L110...

1. tekan dan tahan tombol resume(yang ada gambar kertasnya / lampu merah hidup) selama 5 detik dan lepaskan(jangan sampai lebih dari 2 detik ketika melepaskan)

2. setelah itu tekan dan tahan lagi tombol resume tersebut selama 3 detik lalu lepaskan kembali(jangan sampai lebih dari 2 detik ketika melepaskan)

3. lalu tekan 1 kali lagi dan printer Epson L110 akan direset secara manual


langkah ini work pada printer Epson L110 saga dan semoga aja jika rekan - rekan semua mengalami hal yang sama, bisa teratasi dengan langkah - langkah tersebut...




0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Sumif formula pada excel


apa fungsi dari Sumif formula ?
- menjumlah item pada list dengan kondisi tertentu

syntax dari Sumif formula
- sumif( pada range ini, value dengan kriteria ini, [jumlahkan range ini]

contoh dari Sumif formula
- sumif(A1:A20,3) menjumlahkan cell dengan value 3
- sumif(A1:A20, 3, b1:b20) sama seperti yang atas tapi menjumlahkan value yang ada pada range tersebut(b1:b20)


0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Backup

Backup adalah sebuah copy data yang disimpan di lokasi yang berbeda dengan file aslinya. Jika hanya ada satu file saja katakanlah sebuah foto yang tersimpan di sd card atau yang lainnya dan foto itu tidak dibackup, jika terjadi sesuatu dengan sd card itu seperti rusak atau hilang maka foto tersebut juga akan hilang selamanya :p

Computer sangat canggih dalam membuat salinan dari suatu data atau aplikasi, dan backup adalah fitur yang memanfaatkan kecanggihan itu. Sangat penting untuk menyimpan(backup) data yang penting paling tidak satu atau lebih dari satu itu bagus dalam media yang berbeda seperti flashdisk, harddisk external dan lain sebagainya.

Hal yang terpenting adalah selalu sediakan backup terhadap data yang penting…


0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Membuat kartu nama dengan menggunakan microsoft office word(2007)

Membuat kartu nama dengan menggunakan microsoft office word(2007)

Saat ini sangat banyak sekali jasa untuk membuat kartu nama, akan tetapi alangkah baiknya jika kita mendesain kartu nama (Business card) kita sendiri karena akan lebih sesuai dengan keinginan kita juga bisa menghemat biaya (namun tidak termasuk waktu pendesaianan, jika tidak ada waktu maka sebaiknya serahkan saja kepada desainer kepercayaan rekan – rekan :p )
Perlengkapan yang dibutuhkan
1. Office word (tentu aja dibutuhkan kan judulnya menyangkut ini :p)
2. Koneksi internet(untuk mengunduh template business card)
3. Business card yang sudah jadi (untuk referensi/ contoh)

Langkah – langkahnya
1. Buka lembar kerja microsoft office word(2007)
2. Langkah kedua klik office button yang berada di pojok kiri atas ms word, kemudian pilih new dan akan muncul jendela new document.


3. Pada jendela ini dibagian template pilih bussiness cards (nomor 1 pada gambar diatas). tunggu beberapa saat karena ms word akan mengunduh template yang disediakan oleh microsoft.

4. Langkah keempat pilih template yang anda inginkan(nomor 2 pada gambar diatas).

5. Klik double klik pada template atau klik download(nomor 3 pada gambar diatas), selanjutnya ms word akan otomatis mengunduh template tersebut.

6. Selanjutnya template yang anda pilih akan secara otomatis terbuka.

7. klik I agree untuk menyetujui menggunakan bussiness cards.

8. Dan rekan – rekan akan menyadari bahwa menu tab akan bertambah


Edit kartu nama Rekan - rekan dari Tab tersebut


0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Click Bait adalah

Click bait (atau klik umpan) adalah istilah yang digunakan untuk link, headline atau judul yang ditulis dengan semenarik mungkin dalam upaya menarik perhatian rekan – rekan untuk meng-klik-nya. Karakteristik yang paling umum dari click bait ini adalah “over the top” terminology yang digunakan seperti kata – kata “Anda tidak akan percaya” dan sejenisnya.

Click bait ada karena banyak iklan yang didasarkan pada “kesan” atau berapa kali iklan ditampilkan dan dilihat. Semakin banyak orang meng-klik semakin banyak iklan yang ditampilkan dan semakin banyak uang yang didapatkan pemilik website tersebut.

Self translate from glossary askleo
Correct Me If I Wrong


0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Bandwidth adalah

Bandwidth(lebar pita dalam bahasa indonesia) adalah kecepatan transfer data digital, satuannya bits-per-second. 1 gigabit Ethernet connection dikatakan mempunyai maximum bandwidth 1 gigabit per second atau 1gbps.

Secara teknis istilah ini kurang tepat, karena tidak ada “width” yang terkait dengan kecepatan bit computer, istilah ini berasal dari radio dimana transmisi dari frekuensi tertentu menyebar ke frekuensi sekitarnya, frekuensi dan “width” dari penyebaran tersebut didefinisikan sebagai “band”.

Penggunaan tersebut saling terkait karena dalam kedua kasus itu lebih tinggi atau lebih besar bandwidth menyatakan lebih tinggi atau lebih besar kapasitas informasi yang dibawa.

Self translate from glossary askleo
Correct Me If I Wrong




0 komentar :

Silahkan meninggalkan komentar berupa pertanyaan atau hal sejenisnya,
ingat jika admin mengira itu adalah junk comment maka akan dihapus

Copyright © 2012, Edited By Sagari chan